Kali ini saya akan membahas mengenai etika dalam mengirim sebuah email untuk tugas sekolah. Hal ini kenapa saya bahas karena masih banyak siswa-siswa ketika memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam hal ini email sebagai media dalam penyampaian tugasnya masih belum memahami bagaimana mengirim email dengan “pantas”.

Kadang kita temui “kesalahan” yang dilakukan siswa ketika mengirimkan tugas ke guru melalui email. Mungkin karena “terburu-buru”, sehingga lupa menuliskan subject pada email, tidak mengisi kata-kata pengantar pada email, dan lebih parah nya juga menggunakan email teman untuk mengirim tugas.

Dalam mengirim tugas melalui email ada beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut saya, yaitu :

  1. Pastikan tidak salah alamat, berarti harus tepat mencatat email guru yang dimaksud
  2. Mengisi subject email, harus berhubungan dengan konteks tugas yang dikerjakan
  3. File yang attachment juga harus jelas nama file nya, harus sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru.
  4. Mengisi kata-kata pengantar pada email ketika mengirimkan tugas, contoh :

         Yth, Pak Guru, berikut saya kirimkan tugas yang diberkan oleh Bapak kepada saya, Ditengah kesibukkan Bapak sudi kiranya dapat  meluangkan waktu untuk melakukan koreksi dan memberikan nilai terhadap tugas saya, Terimakasih. 

5.   Yang terakhir adalah jangan telat mengirimkan  email ke Guru dan konfirmasi ketika sudah     mengirimkan email, misal : Assalammualaikum/Selamat Malam, Mohon maf meangganggu waktunya, tugas sudah saya kirimkan ke email Bapak, terimakasih.

 

Etika dalam mengirim email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *